ISLAM

Mengenal lebih dalam tentang Islam

Jangan bosan ya sering-sering mampir

zwani.com myspace graphic comments

MENGIKUTI TATA CARA RASULULLAH SAW


Assalamualaikum sobat muslim sebelumnya telah kita ketahui bahwa betapa beruntungnya bagi orang yang melaksanakan shalat, tetapi anda juga pasti tahu akibatnya apabila tidak melaksanakan shalat dan ada beberapa persyaratan agar ibadah kita diterima loeh Allah SWT. Menurut syekh Al-Utsaimin ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT. jika memenuhi dua syarat yakni ikhlas karena Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah Saw.
Ikhlas artinya bersih dan murni. Suatu ibadah di anggap ikhlas jika dilakukan secara murni semata-mata hanya karena Allah SWT. tanpa dinodai oleh niat dan maksud-maksud lain, seperti ingin dipuji oleh orang lain dan lain-lain.
Mengiluti sunnah Rasulullah Saw. artinya bahwa amal ibadah itu benar-benar dilakukan sesuai dengan petunjuk dan contoh dari Rasulullah kalau kita lihat dengan cermat, di zaman sekarang betapa banyak perbedaan dalam pelaksanaan ibadah, termasuk shalat tentunya. Ada amalan tertentu yang sengaja di tambah atau dikurangi dari contoh aslinya yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.
Perbuatan menambah-nambah atau mengurangi suatu amalan ibadah dari contoh yang telah di ajarkan oleh baginda Rasulullah Saw. sementara Rasulullah sendiri tidak pernah melakukannya itulah yang lazim disebut Bid'ah.Amalan bid'ah selain sesat juga tidak akan diterima Allah SWT. sebagaimana sabda Nabi Saw.

MAN 'AMILA'AMALAN LAISA 'ALAIHI 'AMRUNAA FAHUWA RADDUN.

Artinya :
"Barang siapa yang mengerjakan suatu amalan yang tidak ada dalam urusan kami, maka ia tertolak". (HR.Bukhari dan Muslim).

Di sisi lain Rasulullah sendiri telah bersabda pula :

SHALLUU KAMAA RA-AITUMUUNII USHALLII.

Artinya :
"Shalatlah kalian seperti kalian melihat aku shalat". (HR. Bukhari Muslim)

Kita tidak akan mungkin dapat melakukan shalat dengan sebaik dan sebenar mungkin tanpa mengetahui tata cara shalat yang dilakukan Nabi Saw. baik yang menyangkut adab , tata cara, gerakan maupun bacaannya. Hanya shalat yang baik dan benar sesuai dengan contoh dari Rasulullah Saw yang akan di terima oleh Allah serta mendatangkan keutamaan-keutamaan bagi kita sebagaimana yang telah di jelaskan pada bagian sebelumnya. Oleh sebab itu dalam melaksanakan shalat merupakan hal yang mutlak untuk mengambil contoh yang telah di ajarkan oleh Rasulullah Saw. melalui sunnah beliau.

2 komentar:

  1. peluang usaha dunia akhirat mengatakan...
     

    memang harus di ikuti nih

  2. rully mengatakan...
     

    setuju... menurut saya, menambah formula ibadah yg sdh diresepkan nabi kita akan : over dosis atau tidak berkhasiat.

Poskan Komentar